BESAR ATAU KECIL ITU menurut pandangan Allah

0
54
A Muslim Woman Touches Prayer Beads During Tarawih Prayers At Eyup Sultan Cultural Center On The First Day Of Ramadan In Brooklyn
Pandangan Allah

Terkadang logika manusia mengatakan yang besar akan mengalahkan yang kecil, yang jumlahnya banyak akan mengalahkan yang jumlahnya sedikit, tapi ingat itu adalah logika manusia. Allah memiliki cara yang berbeda dalam hal itu. Sudahkah kita mendengar beberapa banyak Tentara dengan jumlah yang besar, club sepak bola yang besar, perusahaan raksasa sekalipun tak menjamin akan memenangkan persaingan, kecuali jumlah yang besar. Raksasa sepak bola itu semua diiringi dengan kehendak Sang Pencipta, dengan kata lain bahwa pemilik  adalah Allah SWT, sebuah sejarah bagaimana kemenangan tentara Islam di masa Rasulullah (baca: perang badar) yang jumlahnya sepertiga dari jumlah musuh yaitu 313 dari 1000 an memberikan gambaran yang utuh tentang kebesaran Allah di dalam membantu umat Islam demi menumbangkan orang-orang kafir makkah pada waktu itu, akhirnya musuh tumbang.

Tumbangnya musuh Islam tidak lepas dari sarat-sarat yang dipenuhi oleh umat Islam pada waktu itu yaitu ketaatan para sahabat Nabi atas komando yang diberikan oleh Rasulullah, semangat juang dan kersabaran di dalam mengahdapi musuh, hal ini tercermin dalam 65-66 surat Al-Anfal

Al Anfal 65 66
Al Anfal 65 66
  1. Hai Nabi, Kobarkanlah semangat Para mukmin untuk berperang. jika ada dua puluh orang yang sabar diantaramu, niscaya mereka akan dapat mengalahkan dua ratus orang musuh. dan jika ada seratus orang yang sabar diantaramu, niscaya mereka akan dapat mengalahkan seribu dari pada orang kafir, disebabkan orang-orang kafir itu kaum yang tidak mengerti[623].
  2. sekarang Allah telah meringankan kepadamu dan Dia telah mengetahui bahwa padamu ada kelemahan. Maka jika ada diantaramu seratus orang yang sabar, niscaya mereka akan dapat mengalahkan dua ratus orang kafir; dan jika diantaramu ada seribu orang (yang sabar), niscaya mereka akan dapat mengalahkan dua ribu orang, dengan seizin Allah. dan Allah beserta orang-orang yang sabar.

Seorang mukmin tidak boleh mundur dari medan perang dalam mengahadapi musuh-musuh Allah walaupun satu mukmin harus melawan dua puluh orang kafir pada awal Islam, Namun seiring dengan bergantinya waktu Allah SWT memahami keadaan orang mukmin yang semakin menurun keyakinan dan kesadarannya akan hal itu, Allah menurunkan jumlah lawan yang harus dihadapi dan tak tidak boleh mundur yaitu satu lawan dua orang.

Lebih dari itu ada semangat yang harus ditanamkan dalam umat Islam ini bahwa pertolongan dan kemenangan hanyalah semata-mata datang dari Allah SWT, sebagaimana dalam sabda Nabi Muhammad berikut ini

Dari Ibnu Abbas Bahwa Rasulullah SAW bersabda kepadanya “ketahulah bahwa sesungguhnya jikalau berkumpul seluruh umat manusia untuk memberikan pertolongan kepadamu maka mereka tidak bisa memeberi pertolongan kepadamu kecuali apa yang mereka perbantukan sesuai dengan apa yang Allah tetapkan, jika mereka berkumpul untuk membahayakan dirimu maka mereka pun tidak dapat membahayakannmu kecuali dengan sesuatu yang telah Allah tetapkan, pena telah diangkat dan ditetapkan, lembarannya pun telah mengering. HR At-Tirmidzi.

Jelas sudah bahwa umat Islam tidak perlu pesimis di dalam mengahadapi kehidupan dunia yang sedang dikuasai pihak lain hari ini, tetap bekerja keras, berikhtiyar sebaik mungkin dan berdo’a sebab kemenangan hanyalah ada pada kelompok yang mendapat pertolongan dari Allah SWT semata. Wallahu A’lam.