Keberkahan Al-Qur’an

Keberkahan Al Qur'an

0
108
Keberkahan
Keberkahan

Al-Qur’an yang Allah SWT turunkan menjadi sumber inspirasi orang-orang beriman, banyak cerita sejarah membuktikan bahwa pada zaman dahulu “Salaf Asshalih” banyak dari kisah mereka mampu hafal Al-Qur’an di usia kanak- kanak, 7 – 10 tahun hafal al-Qur’an 30 juz, belasan tahun hafal kitab hadits, belajar fikih, bahasa dan ilmu-ilmu lainnya.

Al-Qur’an menjadi bekal yang terbaik untuknya dalam menjalani kehidupan. Ia menjadi sumber ilmu yang tanpa kering melahirkan hikmah dan kebijaksanaan. Menghafal Al-Qur’an dapat menyehatkan jasmani, membantu daya ingat dan meningkatkan kecerdasan. Al-Qur’an dapat menambah keimnanan dan memberikan kemudahan dalam setiap urusan. Penghafal Al-Qur’an akan memiliki pikiran yang jernih, ketenangan dan stabilitas psikologis, mendapatkan kepercayaan dan penghormatan dari orang lain. Menghafal Al-Qur’an dapat menyehatkan jasmani, membantu daya ingat dan meningkatkan kecerdasan.

di antara milyaran manusia yang ada di dunia, ia dipilih Allah SWT untuk menjadi keluarga-Nya. di hari kiamat ia akan dipakaikan mahkota dari cahaya yang terang benderang laksana matahari. Kedua orangtuanya dipakaikan jubah kemuliaan yang tak dapat ditukar dengan dunia dan seluruh isinya. Ia pun dapat memberikan syafaat bagi keluarganya.

Mari kita renungkan firman Allah SWT ini:

9. dipalingkan daripadanya (Rasul dan Al-Quran) orang yang dipalingkan.

Addzriyat 9

Allah SWT berfirman, “Dipalingkanlah darinya orang yg dipalingkan” (QS. Adz-dzariyat : 9)

Maksudnya, seseorang dijauhkan dari Al-Qur’an oleh Allah SWT sebagai hukuman baginya akibat dosa-dosanya dan berpaling dirinya dari Allah SWT.
Siapa yang belum mulai menghapal maka mulailah!
Siapa malas murojaah (mengulang) hafalan segeralah murojaah!
Siapa belum rutin membaca Al-Qur’an hendaklah menjaga (rutinitas) itu.
Menghapal Al-Quran, menjaga kualitasnya, dan membacanya sepanjang siang dan malam adalah kelezatan tersendiri yg membuatmu melupakan lelahnya mujahadah.
Larilah dari kesibukanmu
Dan manfaatkanlah detik-detik waktumu…
Bangunlah dari tidurmu…
Orang yang paling cerdas akalnya adalah orang-orang yang membaca Al-Qur’an  [Ibnu Malik bin Umair]. Siapa membaca Al-Qur’an  dia dikaruniai kenikmatan akal walau umurnya mencapai seratus (tahun) [Al Qurthubi], diantara keberkahan Al-Quran adalah Allah SWT memberkahi akal orang yg membaca dan menghafalnya. Dari Abdul Malik bin Umair, “Bahwa orang yg paling cerdas akalnya adalah orang-orang yg membaca Al-Qur’an ”. Riwayat lain, “orang yg paling jernih akalnya adalah mereka yg membaca Al-Qur’an ”. Al Qurthubi berkata, “siapa membaca Al-Qur’an  dia dikaruniai kenikmatan akal walau umurnya mencapai seratus (tahun)”.

Imam Ibrahim Al Maqdisi berwasiat kepada muridnya, Abbas bin Abduddaim radhiyallohu ‘anhu, “Perbanyaklah membaca Al-Qur’an  dan jangan kau tinggalkan, karena apa kau minta akan dimudahkan bagimu sejauh mana bacaanmu”. Abu Zunad berkata, “Aku keluar waktu sahur menuju masjid Rasulullah dan tidak melewati rumah kecuali ada yg membaca Al-Qur’an  disana”. Syaikhul Islam berkata, “Aku tidak melihat sesuatu yg memenuhi kebutuhan akal dan ruh, menjaga fisik dan menjamin kebahagiaan selain berlama lama melihat kitabullah (tilawah) Taala”. Maka ikatkanlah dirimu dengan Al-Qur’an  maka kau akan mendapatkan keberkahan.

Seorang ahli tafsir berkata, “Kami sibuk dengan Al-Qur’an  maka kami dipenuhi keberkahan dan kebaikan di dunia”. Yaa Allah SWT, kami mohon agar Kau kuatkan hati kami untuk menghafal kitab-Mu dan Kau anugerahkan kami untuk membacanya dan menghayatinya suntuk meraih keridhoan-Mu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here